Jumat, 28 September 2007

SEJARAH DAN FAKTOR-FAKTOR PERKEMBANGAN BAHASA ARAB


A.Pengertian Bahasa Arab
Yang dimaksud bahasa Arab adalah:
a.menurut Sayyid Marhum Ahmad al-Hasyimi dalam kitab Jawahirul Adab
اللغة العربية : إحدى اللغات السامية وهي لغة أمة العرب القديمة العهد الشائعة الذكر التى كانت تسكن الجزيرة المنسوبة إليها في الطرف الغربي من آسيا
Bahasa arab ialah salah satu bahasa-bahasa Semit yaitu bahasa bangsa Arab kuno yang sudah termasyhur adanya yang berada di ujung jazirah Asia Barat yang bahasa tersebut dari sana.

b.menurut Ismail Hs. Idris:
اللغة العربية هي اللغة التى اختار الله ليخاطب بها عباده فأنزل بها خاتم شرائعه عن إشراف رسله محمد صلى الله عليه وسلم وهو القران الكريم والأحاديث النبوية.
Bahasa Arab ialah bahasa yang dipilih oleh Allah untuk berkomunikasi dengan hamba-Nya yang telah diturunkan sebagai penutup syariat-syariat-Nya kepada utusan-Nya Nabi Muhammad SAW. yaitu al-Qur’an dan Hadits-hadits nabi.

c.Menuru Mushthafa al-Gholayaini dalm kitab ad-Durusul Arabiyyah
اللغة العربية هي الكلمة التى يعبر بها العرب عن أغراضهم
Bahasa Arab ialah kalimat yang diungkapkan oleh bangsa Arab untuk menyatakan maksud dan tujuan mereka.

d.Menurut Abdur Ro’uf Shadry:
اللغة العربية هي لغة أمة اختار الله ليخاطب بها عباده محمد صلى الله عليه وسلم الذي يؤبد بها القران والأحاديث النبوية التي وصلت إلينا وانتشرت في بقاء الارض بواسطة الدين والعلوم والثقافية والسياسية والاقتصادية.
Bahasa Arab ialah bahasa umat manusia yang dipilih oleh Allah untuk berkomunikasi dengan hamba-Nya Nabi Muhammad SAW. yang diabadikan dalam al-Qur’an dan Hadits-hadits nabi yang sampai kepada kita dan tersebar luas ke seluruh penjuru bumi lantaran agama, ilmu pengetahuan, kebudayaan, social politik dan ekonomi.



e.Dalam kamus al-Munjid fi Lughoh wa al-A’lam
لغة العرب : مجلّة أنشأها الأب أنستاس ماري الكرمليّ في بغداد 1911. اشتهرت بأبحاثها اللغويّة.

B.Sejarah Perkembangan Bahasa Arab
1.Pendahuluan
Sejarah perkembangan bahasa Arab erat sekali hubungannya dengan asal-usul perkembangan masyarakat manusia beserta agamanya, bangsa dan negara. Sebagian ahli bahasa mengatakan bahwa bahasa Arab adalah salah satu dari bahasa-bahasa bangsa yang mendiami di semenanjung Asia Barat yaitu Mezapotamia, lembah sungai Tigris, Euprat dan semenanjung Arabia. Bangsa-bangsa tersebut berasal dari Sam bin Nuh sehingga bahasa mereka disebut bahasa Semit.
Setelah bangsa Samiyah (keturunan Sam bin Nuh) mengadakan tarnsmigrasi ke semenanjung Arabia (Jazirah Arab selatan), maka percampuran antara kedua bahasa (bahasa asli dan bahasa pendatang) tidak dapat dihindarkan dan lahirlah bahasa baru yakni bahasa Qothon (bahasa yang digunakan oleh bani Qothon) dan bahasa Adnaniyah (bahasa yang digunakan oleh Nabi Ismail).

2.Peleburan Dialek-dialek Bahasa Arab
Bangsa Arab sejak dahulu menggunakan bahasa Arab, bangsa itu terdiri dari berbagai macam suku, kabilah, kelompok, dan golongan yang berbeda satu sama lain, maka menurut ketentuan hukum bahasa apabila suatu bahasa apabila sudah tersebar luas dan dipergunakan oleh masyarakt yang berbeda-beda, maka kesatuan bentuk bahasa tersebut tidak bisa bertahan lama dan lambat laun akan menjadi berbagai macam dialek.
Faktor yang dapat mempengaruhi bahasa Arab bersatu adalah faktor yang berasal dari bangsa Arab itu sendiri, ialah rasa kasih sayang, tolong menolong, persaudaraan, perekonomian, dan faktor agama serta faktor-faktor yang lain.

3.Pembangunan Pasar-pasar dan Gedung-gedung
Adapun fungsi dari dibangunnya pasar-pasar dan gedung-gedung adalah di antarany untuk hiburan, ramah tama, mendemontrasikan dan membacakan syair-syair dan pidato.melihat keadaan geografis yang tandus menyebabkan bangsa Arab senang mengembara dan berdagang, maka dibangunlah pasar-pasar dan gedung-gedung untuk keperluan tersebut. Di antaranya:
a.Pasar Ukadz
Pasar ini terletak antara Mekkah dan Thaif, didirikan oleh bani Qothon sesudah tahun Gajah + 15 tahun.
b.Pasar Majanah
Pasar ini dibangun setelah pasar Ukadz, letaknya hanya beberapa kilometer dari Mekkah.
c.Pasar Dul Majaz
Pasar ini terletak di Mina dekat padang Arafah,
Pasar ini selain digunakan untuk perdagangan juga digunakan untuk perlombaan syair dan pidato serta menjual-belikan syair-syair yang dikarang oleh para penyair bangsa Arab. Syair-syair yang bagus akan mendaptkan kehormatan yang amat besar dan syair-syair itulah yang akhirnya dapat mengurani dialek-dialek bahasa Arab yang kemudian ditempelkan di dinding Ka’bah yang disebut al-Mu’allaqootus Saabi’ah.
Dalam hal ini, bahasa Arab Adnaniyah mendapat posisi yang baik dikalangan bangsa Arab. Akhirnya dari bahsa Adnaniyah itu terjadilah suatu bahasa persatuan bangsa Arab yang akhirnya menjadi bahasa bangsa Quraisy.
Dengan adanya kemenangan dialek Quraisy, maka dialek ini dapat menghapuskan dialek-dialek lain dan menguasai medan kesusasteraan.

4.Faktor-faktor Keunggulan Bahasa Arab Quraisy
a.Faktor Agama
Suku Quraisy yang bertempat tinggal di sekitar Ka’bah, merekalah yang memelihara, menjaga dan mengurusi tentang peribadatan dan upacara-upacara agama bagi sebagian bangsa Arab pada masa pra Islam dan sesudah Islam.
b.Faktor Ekonomi
Kegiatan perdagangan dan peekonomian sebagian besar dari banga-bangsa Arab ada di tangan orang-orang Quraisy. Mereka menjalankan perdagangan mereka ke penjuru Arab mulai dari daerah sebelah Utara sampai sebelah Selatan. Dengan adanya perdagangan ini, maka kekuasaan ada di tangan suku Quraisy.
c.Faktor Politik
Dalam mengatasi peperangan dan perselisihan suku-suku bangsa Arab banyak yang meminta perlindungan maupun bantuan pada bangsa Quraisy. Suku Quraisy sangat ahli dalam mengatur strategi perang dan urusan ketatanegaraan.
d.Faktor Bahasa
Dialek Quraisy merupakan dialek bahasa Arab yang kaya pembendaharaan kata-katanya, paling baik dan indah susunan dan gaya bahasanya, dan mampu untuk menyatakan dan mengungkapkan isi jiwa, pikiran dan perasaan kepada orang lain.

5.Sejarah Periode Perkembangan Bahasa Arab
Menurut para sarjana ahli bahasa dan kepurbakalaan bahasa-bahasa Arab kuno, membagi periode perkembangan bahasa Arab kepada lima periode.
a.Periode Jahiliyah dimulai pada abad IV sampai denagn munculnya agama Islam. Periode ini tidak kurang dari 150 tahun.
b.Periode permulaan Islam meliputi dinasti Bani Umayyah dimulai sejak lahirnya agama Islam dan berakhir pada timbulnya pemerintah dinasti Bani Abbas pada tahun 132 H.
c.Periode pemerintahan Bani Abbas dimulai sejak runtuhnya Baghdad ke dinasti Tar-tar (Mongolia) pada tahun 656 H.
d.Periode pemerintahan dinasti Turki dimulai dari runtuhnya Baghdad sampai munculnya abad modern pada tahun 1220 H.
e.Periode modern dimulai sejak berlakunya hokum kekeluargaan Islam yang luhur dan mulya di Mesir pada tahun 1220 H.

C.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Arab.
Perkembangan bahasa Arab sangat berineraksi dengan masyarakat bangsanya. Perkembangan dan pertumbuhannya dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:
1.Faktor Kebudayaan (Peradaban)
Semakin maju kebudayaan suatu bangsa adalah menunjukkan semakin maju perkembangan bahasa suatu bangsa, juga menunjukkan semakin maju taraf tingkatan kecerdasan dan pemikiran bangsa itu.
Dunia Arab dan Timur Tengah lainnya telah mencapai kemajuan yang pesat dan lebih dulu dibandingkan dengan bangsa-bangsa di luar Arab, baikdibidang ilmu pengetahuan, teknologi maupun peradabannya, dengan kemajuan itulah telah mengangkat martabat dan derajat bahasa Arab dan bangsa Arab di arena percaturan politik di kawasan dunia internasional.
Dalam lapangan bahasa-sastra; bahasa Arab boleh dikatakan telah mencapai prestasi yang sangat tinggi dikalangan bangsa Arab. Dengan kitab suci al-Qur’an yang mengandung unsure-unsur susunan dan uslub gaya bahasa yang tidak bisa ditiru oleh siapapun.
2.Faktor Agama
Bahsa Arab merupakan bahasa persatuan umat Islam, sebagai bahasa al-Qur’an telah dapt membuktikan berbagai macam ilmu pengetahuan dan kebudayaan manusia. Bahasa Arab juga mempunyai kedudukan dan kepentingan serta kesempatan yang baik untuk memperkembangkan dan menyiarkan agama melalui bahasa.
Kalau kita lihat di negeri kita Indonesia banyak kata-kata Arab yang dimasukkan ke dalam bahasa Indonesia, bukan lantaran politik, akan tetapi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan masalah-masalah keagamaam, peribadatan, kemasyarakatan dan lain-lainnya.

3.Faktor Sosial Ekonomi
Bangsa Arab mempunyai kekuasaan perekonomian dengan melakukan perniagaan dan perdagangan baik lewat daratan maupun lautan. Perdagangan yang banga Arab lakukan tidak lepas daripada bahasa sebagai alat untuk menyatakan maksud mereka sehingga terjadilah komunikasi antar bangsa.

4.Faktor Politik
Hubungan dunia Arab dengan dunia Barat maupun internasional bukan hanya terjadi dengan pesat pada abad modern ini, akan tetapi sudah mendapat perhatian dari dunia Barat sudah berabad-abad lamanya.
Pada hakikatnya orang-orang Barat sama sekali tidak mempunyai hubungan dengan bahasa Arab sebagai bahasa agama Islam, tetapi mereka mempelajari bahasa Arab adalah untuk menguasai politik di dunia Timur.mereka penuh perhatian terhadap bahasa Arab karena naluri dan tabiat mereka yang suka ingin tahu dan mencari segala sesuatu untuk diketahui secara ilmiah. Usaha mereka akhirnya dapat mengumpulkan buku-buku untuk diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa yang ada di Barat.

0 Comments: