Senin, 10 September 2007

LOKASI BERSEJARAH UNTUK JAMA'AH HAJI


Bila sempat, tak ada salahnya kita berziarah ke tempat-tempat bersejarah di tanah suci. Berikut beberapa lokasi menarik:
Makkah Al Mukarramah
Jannatu al Mualla (makam ma'la). Beliau yang dimakamkan disini antara lain: Abdul Muthalib (kakek Nabi Muhammad SAW), Abu Thalib (paman Nabi Muhammad SAW), Siti Khadijah (istri Nabi Muhammad SAW), Qasim (putra Nabi Muhammad SAW yang meninggal disaat masih bayi).


Jabal Nur, Gunung tempat gua Hira.
Gua Tsur, tempat Nabi Muhammad SAW bersembunyi dari musuhnya saat Hijrah Ke Madinah.
Tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, lokasinya dekat Suk Lail. Dilokasi itu berdiri perpustakaan bernama Maktabah Makkah Al Mukarramah.
Masjid Jin, saat Nabi Muhammad SAW membaca Al Quran disini, sekelompok jin yang lewat mendengarnya, mereka tertarik dan masuk Islam. Ayat Al Quran dalam surat Jin menceritakan hal ini.
Madinah Al Munawwarah
Jannatul Baqi (Makam Baqi). Beliau yang dimakamkan disini antara lain, Fatimah, (putri Nabi Muhammad SAW), istri-istri Nabi Muhammad SAW.
Masjid Quba, Masjid pertama Islam. Nabi Muhammad SAW menghabiskan waktu lebih dari 20 malam disini setelah Hijrah sambil Menunggu Ali bin Abu Thalib. Masjid ini disebutkan dalam Al Quran sebagai Masjid yang didirikan atas dasar kesalehan dan keimanan.
Rumah Bin Abu Thalib, dibelakang Masjid Kuba.
Masjid Fatikh, di bagian timur Masjid Quba. Nama itu dari sebuah pohon palem yang pernah tumbuh ditempat itu.
Masjid Qiblatain, Masjid dengan dua kiblat.
Sab'ah Masajid (tempat tujuh masjid). Kini tinggal lima Masjid, yakni Masjid Ali, Masjid Fatimah, Masjid Fath, Masjid Salman al-Farisi, dan Masjid umar, Masjid Fath terletak dipuncak gunung, nama itu diambil dari kemenangan Muslim dalam peperangan Khandak. Rasulullah berdoa untuk kemenangan Muslim di lokasi ini.
Jeddah
Makam Siti Hawa
Badar
Martys of Badr. Badar adalah sebuah desa antara Makkah dan Madinah. Empat belas Sahabat Nabi Muhammad SAW menjadi Syuhada' disini.
Masjid Al Arish, dekat martys of badr, di sini Nabi Muhammad SAW berdoa pada saat perang badar.
Uhud
Makam Hamzah, paman Nabi Muhammad SAW yang menjadi Syuhada' dalam perang uhud.
Makam para Syuhada' Uhud.
Arafah
Jabal Rahmah, disini ada pilar yang menandai titik dimana Nabi Adam AS dan Siti Hawa dipertemukan setelah terpisah didunia.
Masjid Namirah, pada 8 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW menuju Arafah lewat Mna, bermalam di Mina hingga Matahari terbit, Beliau naik unta hingga matahari terbit. Beliau naik unta, menuju Arafah dan singgah ditempat yang bernama Namirah.
Mina
Masjid Kheef, Masjid Besar dan terkenal di Mina dengan kubah berisi delapan. Kheef berarti lembah. Dari mulut kemulut diceritaka, tujuh puluh Nabi dimakamkan disini. Diceritakan juga, banyak Nabi yang brdoa dilokasi ini.
Tiga Jamarat:Jumratul ula, jumratul Wustha, Jumratul Aqabah.

0 Comments: